Sabtu, 26 November 2011

Mobil Offroad Baru dari Tiongkok


JAKARTA- Mobil-mobil offroad rasanya kini semakin marak. Setelah Komodo yang berhasil lahir dari kreasi anak-anak bangsa, kini hadir mobil offroad lain dari PT Maha Era Motor (Mahator).

Namanya cukup unik, yakni Karat. Mahator sendiri sebenarnya sudah melanglang buana di industri automotif Tanah Air sejak 1996. Namun saat itu produsen yang memiliki pabrik perakitan di Cikampek, Jawa Barat ini menyasar segmen sepeda motor.

"Ya, dulu kita memang bermain di roda dua, sampai sekarang juga tetap ada perakitan sepeda motor, tapi kita juga merambah ke mobil karena kita dituntut untuk terus berkembang," ucap Director Mahator, Bambang Sungkono ketika ditemui di gedung Departemen Perindustrian (Depperin), Jakarta.

Mahator Karat, katanya merupakan produk asal Negeri Tiongkok. "Tapi produk kita punya banyak keunggulan dibanding mobil offroad lain," tambahnya.

Keunggulan tersebut tutur Bambang misalnya saja desain windscreen yang lebar sehingga pandangan pengemudi lebih leluasa, rangka yang kuat, suspensiy ang empuk, bak yang dilengkapi sistem hidraulik, dan juga sistem penggerak empat roda dan dua roda (4WD dan 2WD), hingga penggunaan pelak aluminium yang ringan namun kuat.

Sementara untuk mesinnya, Mahator menggunakan sumber tenaga berkapasitas 669 cc liquid cooled 4 tak satu silinder. Dengan mesin ini mobil yang sanggup dipakai untuk pertambangan, perkebunan atau bahkan di pantai itu bisa menghasilkan tenaga sebesar 25 kW pada 5.000 rpm dengan torsi 49 Nm di 5.000 rpm.

Agar mampu melintasi medan-medan ekstrim, Karat dibekali suspensi independent double swing arm baik diroda depan maupun belakang. Kaki-kaki ini disandingkan dengan ban berukuran 25x8-12 di depan dan 25x10-12 dibelakang.

Dengan panjang 3.010 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.840 mm, Mahator Karat memang terlihat cukup bongsor. Namun ini tentu membuat dua penumpangnya lebih nyaman ketika berada di kabin kendaraan tersebut.

Tertarik? Bambang mengungkapkan mobil offroad ini dibanderol dengan harga Rp100 juta, dengan pilihan warna merah, biru, hitam, hijau tua, dan kuning. "Tapi kita belum resmi diluncurkan, mungkin beberapa bulan lagi, tapi kalau yang mau pesan sudah bisa," tutupnya