Sabtu, 26 November 2011

Sejarah Toyota Land Cruiser FJ40

Siapa yang tidak kenal dengan produk Toyota yang satu ini. Tangguh, bandel dan easy maintenance. Yup,Land Cruiser atau biasa dikenal dengan Toyota FJ menjadi salah satu produk legenda yang ikut mewarnai dalam berbagai kegiatan penting di dunia. 
 
Orang Jepang sendiri biasa menyebutnya Rando Kuruza yang di produksi pertama kali pada tahun 1954. Ketika Jepang menginvasi Filipina pada 1941,mereka terinpirasi oleh Bantam MKII yang merupakan kendaraan pengangkut dengan kemampuan multiguna.
Akhirnya untuk mendukung kampanye perang pasifik, pemerintah Jepang memerntahkan Toyota untuk membangun sebuah mobil multifungsi yang tangguh dengan perwatan yang mudah (miripdengan kebijakan pemeintah Jerman pada VW dan Jeep di Amerika). Akhirnya AK10 diciptakan dengan mesin 2259 cc,4 silider 3 percepatan dengan 2 percepatan 4x4 pada 1942. Ini adalah cikal bakal Toyota Land Cruiser.
Pada tahun 1954 technical director Toyota Hanji Umehara member nama “Land Cruiser” pada produk lanjutan dari AK10 yang menjadi BJ dan FJ Series. Produk ini juga mendapat saingan berat dari Inggris yang merilis Land Rover di tahun yang sama. Nama Land Cruiser sendiri sebenarnya sudah digunakan pada produsen sedan mewah Amerika Studebaker Land Cruiser.Namun ternyata pihak Studebaker mengijinkan.
Dari pengembangan seri BJ,maka pada 1955 Toyota memperkenalkan salah satu mesin tangguhnya yaitu F series dengan daya 3.9 liter 6 silinder berbahan bakar bensin. Pada tahun yang sama Toyota juga mengembangkan system per daun yang lebih tipis, ringan namun kuat dan nyaman. Tonggak teknologi ini lah yang akan di masukan pada Toyota seri FJ dimana peruntukannya adalah selain untuk kendaraan multiguna, namun juga angkutan barang serba bisa (light truck) dengan kapasitas penumpang yang juga besar.
1960 merupakan tonggak bersejarah buat FJ series dimana “the classic FJ 40 diperkenalkan dengan berbagai kelebihan seperti mesin F 3.9 liter, design yang fashion dan abadi serta konstruksi chassis yang kuat namun tetap lentur dengan topangan kaki-kaki khas FJ series. Hanya 5 tahun, FJ 40 mampu menembus angka 50.000 unit penjualan dan 3 tahun berikutnya pada 1968 angka 300.000 unit mampu terjual pada pasaran dunia.
FJ40 bertahan hingga tahun 1983 dimana beberapa improve penting dilakukan seperti menggunakan mesin 2F 4.2 liter yang lebih efisien dan bertenaga. Selain itu di beberapa Negara seperti Brazil FJ40 dibekali mesin Mercedes Benz Diesel bertenaga 79Hp dan versi militer yang digunakan tentara Irlandia. Toyota juga memperkenalkan mesin Diesel 4 silinder B series (cikal bakal mesin truck Dyna) untuk mengakali import masuk barang yang tinggi untuk mesin 6 silinder. all_mountain