Sabtu, 26 November 2011

Predator Berkaki Lentur

Modifikasi Sistem SuspensiTaft GT

Regi Hendrayanto mahasiswa semester 5 yang sejak SMP sudah mengenal dunia off-road dari sang ayah. Kecintaan sang ayah akan dunia off-road menular kepada pemuda 20 tahuh ini. Untuk menyalurkan hasrat berpetualangnya, sang ayah menggunakan Suzuki Jimny long yang di persenjatai dengan kaki- kaki lentur karena menggunakan per keong pada setiap rodanya. Berawal dari sinilah ide untuk merubah suspensi Taft GT-nya untuk menggunakan koil spring. Kendaraan harian ini akhirnya dibawa oleh Regi ke bengkel XC Trail untuk dirubah kaki-kakinya.

Sebelum pengerjaan, Reizy sang juragan bengkel banyak berdiskusi dengan Regi, suspensi seperti apa yang akan di terapkan pada Taft GT-nya. Regi menginginkan kendaraan yang nyaman di kendarai di jalan aspal, tapi juga tangguh di medan off-road. Mendapat tantangan dari Regi, dengan bermodalkan seluruh info baik dari majalah maupun teman-teman seniornya yang pernah merombak dari per daun ke per spiral, akhirnya Reizy menemukan racikan hitungan yang pas. Racikan ini didapat dari sebuah software yang berisi tentang cara menghitung setingan kaki-kaki untuk mendapatkan sebuah kendaraan off-road yang tangguh, aman dan nyaman.



Kesulitan timbul pada waktu menentukan titik yang tepat pada kaki-kaki depan, Reizy harus mencoak chasis depan sekitar 0,5 cm, dikarenakan ruang suspensi yang sempit pada Taft GT. Untuk kaki-kaki bagian belakang sama sekali tidak mengalami masalah. Kemudian ketika Reizy membuat stabilizer, perangkat ini harus bisa di gunakan di semua kondisi jalan, baik on-road maupun off-road. Stabilizer ini adalah alat untuk menjaga keseimbangan antara sumbu gardan bagian kiri dan kanan. Sedangkan di dunia off-road stabilizer tidak lazim dipakai.



Untuk mengakali dua kondisi jalan yang berbeda ini, Reizy menemukan sebuah ide, yang mana stabilizer tersebut dapat  digunakan di dua kondisi jalan yang berbeda. Caranya dengan menggunakan freelock sebagai penghubung antara stabilizer bagian kanan dan kiri. Jika ingin menggunakan stabilizer putar pada posisi lock, jika tidak ingin digunakan putar pada posisi free. Mudah dan simple tetapi pengaruhnya sangat besar pada handling mobil. Biaya untuk pengerjaan kaki-kaki tersebut menghabiskan dana sekitar 12 juta, belum termasuk alat-alat yang di gunakan. Dengan lama pengerjaan 3 minggu. (PRS-mobiljip.com/RAW)

Jenis mobil : Daihatsu Taft GT F70 (1995) Mesin : Standar type DL
Bahan bakar : Solar
Spring depan : Suzuki Vitara standar
Spring belakang : Toyota Corona 2000
Shock breaker : Depan Procomp ES 9000, belakang Toyota land Cruiser VX-R
Gardan Depan : Standar Daihatsu
Gardan Belakang : Standar Daihatsu
Tie Rod & long tie rod : Standar Daihatsu
System suspensi : Depan, 3 link with pan hard rod, Belakang 5 link with pan hard rod
Shock steer : Procomp 3000
Bushing : Standar Suzuki Vitara dan pillow ball johny joint
Ban dan Velg : Good Year Wrangler AT, velg lupa merknya

Lihat Hasil dari Kaki-kaki Taft, Read More>>