Seorang off-roader edan asal Bandung melakukan rekayasa genetika. Muncullah makhluk bernama Jigado.
Di kalangan penyuka lumpur nama Hadi Kusnadi atau yang kerap disapa Atung sudah tidak asing lagi. Jip hasil modifikasinya pun sudah 2 kali diulas di majalah JIP. Toh, begitu keinginannya untuk membuat modifikasi tak pernah berhenti. Buktinya kini ia memunculkan Jigado (Jimny Gado-gado .red). Hehehe…
Seperti biasa gaya modifikasinya tergolong radikal. Meskipun bahan dasar modif berupa sasis dan bodi milik Suzuki Jimny Sierra, tapi komponen lainnya dicomot dari berbagai merek kendaraan lain.
Seperti misalnya mesin Jeep CJ-7, garden Mercedes Unimog 4011, girboks Toyota FA, per keong campuran milik Cherokee-Unimog dan sebagainya. Species baru yang dimunculkan Atung kali ini sedikit berbeda. Lantaran dimensi gambot dan berat yang jadi ciri khas rancangan pengusaha antenna parabola, kini tak terlihat pada ubahan Jimny Sierra-nya.
Jip bikinan Jepang ini terlihat ringkas seperti aslinya. Pemilihan garden Unimog 4011 dimensinya tak begitu lebar sehingga masih seimbang dengan bodi dan sasis Jimny. Selain itu rancangan bodinya pun dibuat simple. Hanya separuh bodi yang masih mencirikan Jimny, selebihnya rollbar yang dilas langsung ke sasis Jimny yang sudah di reinforce.
Kelenturan suspense Jigado biarpun belum terbukti ampuh di ajang kompetisi resmi layak diacungi jempol. Silahkan nikmati beberapa foto aksinya di halaman ini. Perhatikan liukan suspensi depan dan belakang yang mampu menyesuaikan level ketinggian batu.
“Jip ini memang dirancang untuk ikut rock crawling. Selain crawling ratio-nya low, traveling suspensinya juga lebih panjang. Biar manjat batunya lebih mudah,” cerocos Atung tanpa bisa distop. Menurutnya roda Jimny tunggangannya ini baru berputar setelah 147 putaran mesin.
Wah, sip juga nih!
SPESIFIKASI TEKNIS
Bodi dan Sasis | Suzuki Jimny Sierra |
Mesin | Jeep CJ-7 |
Kapasitas Mesin | 4.200cc |
Jumlah Silinder | 6 Silinder Segaris |
Pengapian | OEM CDI CJ-7 |
Pasokan Bahan Bakar | Karburator OEM CJ-7 |
Altenator | OEM Mitsubishi 100 Ampere |
Aki | Yuasa 100 Ampere |
Girboks | Toyota FA 5 Percepatan |
Transfer Case | Gas Sil 2,7 : 1 |
Gardan | Unimog 4011 (depan-belakang) |
Final Gir | 1 : 7,56 |
Locker | Air Locker Hydrolic (depan-belakang) |
Ban | Dunlop SP7 12,5×20 |
Pelek | Unimog 20 inci |
Sobreker | Toyota Land Cruiser VX ( 3 depan- 4 belakang) |
Per | Coil Springs Unimog (depan), Cherokee (belakang) |
Link Arm | 5 link VHS (depan), 4 link ball joint (belakang) |
Winch | PTO Hydraulic 10 Ton |
Rollbar | Custom |
Bumper | Custom ARB (depan-belakang) |
Jok | OEM Jimny Sierra |
Sabuk Pengaman | 4 titik |
Lampu Sorot | 4 buah |
Bengkel | Dikerjakan sendiri |
Lihat hasil yang lain !!